GOTANI Info,Pertanian,Teknologi Pertanian Pentingnya BigData Dalam Pertanian

Pentingnya BigData Dalam Pertanian

Analisis Big Data memungkinkan mesin (komputer) untuk mempelajari data yang didapat melalui algoritma machine learning ataupun deep learning untuk pengambilan keputusan. Analisis Big Data ini tidak hanya digunakan untuk menganalisis aspek teknis dari sistem pertanian, namun juga dapat dikembangkan untuk menganalisis aspek sosio ekonomi dari sistem pertanian.

Data chain merupakan serangkaian aktivitas mulai dari pengambilan data hingga pengambilan keputusan dan data marketing. Data chain mencakup segala aktivitas yang dibutuhkan untuk mengelola data untuk manajemen lahan pertanian. Pemrosesan data melalui tahapan data chain ditujukan agar pengelolaan data yang besar dapat dilakukan secara sistematis dan bertahap sehingga hasil analisis dapat membantu proses pengambilan keputusan.

Teknologi Big Data dalam Pertanian

Petani merupakan ujung tombak pembangunan pertanian yang memiliki peran sangat penting bagi keberlangsungan pertanian. Berbagai teknologi pertanian yang ada, tidak akan bermanfaat apabila petani tidak menggunakannya. Dengan Big Data petani dapat memiliki data terperinci mulai dari kondisi lingkungan, kondisi tanah, hasil panen, hingga harga komoditas pertanian. Teknologi Big Data diharapkan dapat menjadikan pertanian lebih maju dengan membantu petani dalam mengambil keputusan yang tepat dari data yang telah dianalisis.

Analisis Big Data memiliki manfaat dalam bidang pertanian dengan memberikan gambaran dan prediksi dari data yang telah didapatkan, seperti prediksi hasil panen, model kebutuhan pakan ternak, dll. Analisis big data juga dapat melaksanakan operasi perangkat melalu IoT secara real time, serta membantu dalam penyusunan ulang model bisnis yang lebih efektif, efisien, serta inovatif.

Data merupakan sumber kekuatan dalam pengambilan keputusan. Dalam bidang pertanian, aplikasi teknologi data sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Meskipun saat ini masih dalam proses pengembangan dan terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, semoga teknologi ini dapat segera diterapkan dan dirasakan manfaatnya oleh para petani.

jika pertanian dan segala aspeknya dapat ditinjau tanpa perlu melakukan analisis data satu-persatu secara manual. Tentunya pengambilan keputusan oleh petani mengenai apa yang akan dilakukan terhadap sistem pertaniannya kemudian akan lebih terarah, berdasar, dan sesuai dengan data sehingga lebih akurat. Maka dari itu, dalam menyongsong Pertanian 4.0, pengetahuan dan penguasaan petani milenial dalam Big Data bukan lagi hanya pilihan, melainkan menjadi suatu keharusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

AI Chatbot Avatar